Senin, 14 Juni 2010

TIP menghindari kegagalan (I).

Bagi petani pemula yang baru mulai membuka USAHA BUDIDAYA JAMUR khusus untuk materi pemeliharaan bibit semai / baglog / media tanam.
Tip-tip yang harus diperhatikan untuk menjaga / menekan tingkat kegagalan sbb :
  • Bangunlah rumah pertumbuhan dari bahan yang murah dan tahan lama. Sebelum diisi dengan bibit semai / media tanam / baglog, bersihkan ruangan dari segala kotoran, siram / semprot pakai air. Setelah itu semprot / spray menggunakan bahan kimia (mis : formalin atau sejenis) dengan tujuan agar ruangan menjadi steril.
  • Bagi yang belum bisa membuat baglog / media tanam / bibit semai : Pesanlah baglog / media tanam / bibit semai pd petani yg sdh teruji kwalitasnya, persyaratan sederhana beli baglog yang sdh 90 % terselimuti oleh miselium (jangan yang baru dimasukan bibit karena tingkat kegagalan masih besar).
  • Tatalah baglog tsb didalam ruangan sedemikian rupa agar memudahkan perawatan dan pada waktu panen jamur.  
  • Kondisikan atau atur suhu ruang menjadi DINGIN & LEMBAB, bila perlu pasang hygrometer  (untuk mengetahui suhu dan kelembaban) di dalam ruangan. Tip : siram lantai ruangan dan dinding menggunakan air yang dialirkan (pekerjaan ini dilakukkan bila kondisi / cuaca dalam keadaan panas).
  • Permukaan baglog / media tanam / bibit semai, perhatikan jangan sampai kering / basah, jaga kondisinya agar tetap lembab (basah tdk kering pun tidak). 
  • Pintu bangunan kumbung jamur selalu dalam keadaan tertutup, ruangan harus selalu bersih, bila keadaan kotor akan merusak pertumbuhan jamur.
  • Kontrol sirkulasi udara dan sinar matahari.
  • Pada waktu melakukkan spary (penyiraman) untuk permukaan baglog, jamur yang siap panen jangan sampai terkena air, biarkan tumbuh, bila terkena air akan menyebabkan warna daun jamur akan menjadi kekuningan artinya kandungan kadar air terlalu berlebihan dan jamur akan cepat busuk. 
  • Masa panen jamur sekitar (3 -  4) hari dari masa keluarnya pinhead, cara panennya petik semua jamur yang ada dipermukaan baglog sampai keakar-akarnya dan bersihkan bagian permukaan baglog. Tujuannya agar miselium didalam baglog akan tumbuh kembali dengan baik. Masa tumbuh jamur / masa petik jamur dalam 1 baglog sekitar 4 x panen. Selalu beri tanda di dipermukaan baglog bila sdh panen, agar dapat diketahui kwalitas baglog / kapasitas hasil panen. Bila jml baglog banyak lakukkan percontohan dgn jml seperlunya.
  • Masa penyiraman / spray, lihat faktor keadaan cuaca di luar dan permukaan baglog. Bila kondisinya slalu hujan sebaiknya jangan disiram / dipray, atau bila kondisinya sangat panas sehari bisa 3 x penyiraman (pagi siang sore). Jangan melakukkan penyiraman / spray bila jamur belum dipanen, lakukkan pekerjaan tsb setelah panen jamur. 
  • Jamur yang baik / berkwalitas adalah kandungan air dalam tubuh jamur (batang + daun) sedikit kering, warna putih bersih, umur jamur sekitar 1 minggu bila disimpan di lemari es. Jamur yang tdk baik adalah kandungan airnya banyak dan warna kekuningan (biasanya umurnya jamur tdk tahan lama / cepat busuk setelah dipanen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar